Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap - 40+ Contoh Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

40+ Contoh Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai adik adik yang baik, bagaimana kabarnya? pada kesempatan yang baik ini kakak ingin share 40 soal Penjaskes. Soal ini sudah ada kunci jawabannya, jadi bisa dijadikan sebagai bahan latihan dan sebagai refsrensi guru untuk membuat soal, Kakak juga telah menyediakan link download, link tersebut berada dibawah ya. Oiya Menurut Abdul Kadir Ateng menjelaskan bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.



    Hubungan Pendidikan Jasmani dengan Bermain dan Olahraga

    Dalam memahami arti pendidikan jasmani, kita harus juga mempertimbangkan hubungan antara bermain (play) dan olahraga (sport), sebagai istilah yang lebih dahulu populer dan lebih sering digunakan dalam konteks kegiatan sehari-hari. Pemahaman tersebut akan membantu para guru atau masyarakat dalam memahami peranan dan fungsi pendidikan jasmani secara lebih konseptual.
    Bermain pada intinya adalah aktivitas yang digunakan sebagai hiburan. Kita mengartikan bermain sebagai hiburan yang bersifat fisikal yang tidak kompetitif, meskipun bermain tidak harus selalu bersifat fisik. Bermain bukanlah berarti olahraga dan pendidikan jasmani, meskipun elemen dari bermain dapat ditemukan di dalam keduanya.

    Olahraga di pihak lain adalah suatu bentuk bermain yang terorganisir dan bersifat kompetitif. Beberapa ahli memandang bahwa olahraga semata-mata suatu bentuk permainan yang terorganisasi, yang menempatkannya lebih dekat kepada istilah pendidikan jasmani. Akan tetapi, pengujian yang lebih cermat menunjukkan bahwa secara tradisional, olahraga melibatkan aktivitas kompetitif.
    Ketika kita menunjuk pada olahraga sebagai aktivitas kompetitif yang terorganisir, kita mengartikannya bahwa aktivitas itu sudah disempurnakan dan diformalkan hingga kadar tertentu, sehingga memiliki beberapa bentuk dan proses tetap yang terlibat. Peraturan, misalnya, baik tertulis maupun tak tertulis, digunakan atau dipakai dalam aktivitas tersebut, dan aturan atau prosedur tersebut tidak dapat diubah selama kegiatan berlangsung, kecuali atas kesepakatan semua pihak yang terlibat.

    Di atas semua pengertian itu, olahraga adalah aktivitas kompetitif. Kita tidak dapat mengartikan olahraga tanpa memikirkan kompetisi, sehingga tanpa kompetisi itu, olahraga berubah menjadi semata-mata bermain atau rekreasi. Bermain, karenanya pada satu saat menjadi olahraga, tetapi sebaliknya, olahraga tidak pernah hanya semata-mata bermain; karena aspek kompetitif teramat penting dalam hakikatnya.

    Di pihak lain, pendidikan jasmani mengandung elemen baik dari bermain maupun dari olahraga, tetapi tidak berarti hanya salah satu saja, atau tidak juga harus selalu seimbang di antara keduanya. Sebagaimana dimengerti dari kata-katanya, pendidikan jasmani adalah aktivitas jasmani yang memiliki tujuan kependidikan tertentu. Pendidikan Jasmani bersifat fisik dalam aktivitasnya dan penjas dilaksanakan untuk mendidik. Hal itu tidak bisa berlaku bagi bermain dan olahraga, meskipun keduanya selalu digunakan dalam proses kependidikan.

    Bermain, olahraga dan pendidikan jasmani melibatkan bentuk-bentuk gerakan, dan ketiganya dapat melumat secara pas dalam konteks pendidikan jika digunakan untuk tujuan-tujuan kependidikan. Bermain dapat membuat rileks dan menghibur tanpa adanya tujuan pendidikan, seperti juga olahraga tetap eksis tanpa ada tujuan kependidikan. Misalnya, olahraga profesional (di Amerika umumnya disebut athletics) dianggap tidak punya misi kependidikan apa-apa, tetapi tetap disebut sebagai olahraga. Olahraga dan bermain dapat eksis meskipun secara murni untuk kepentingan kesenangan, untuk kepentingan pendidikan, atau untuk kombinasi keduanya. Kesenangan dan pendidikan tidak harus dipisahkan secara eksklusif; keduanya dapat dan harus beriringan bersama.



      Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA



      40+ Contoh Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

      Berikut rumpunnews memberikan Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA

      PETUNJUK UMUM
      1. Tulis namamu di sudut kanan atas
      2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
      3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
      4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

      A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


      1. Berikut ini yang merupakan taktik penyerangan adalah....
      a. memutuskan apa yang harus diperbuat
      b. menjaga lawan secara ketat
      c. mencari waktu yang tepat untuk merebut bola
      d. mencari cara untuk menyerang
      e. semua jawaban benar
      Jawaban: d

      2. Tujuan dari pola pertahanan dalam permainan sepak bola adalah....
      a. membantu pertahanan belakang
      b. menahan bola dari serangan lawan
      c. memberi peluang kepada lawan
      d. memberi peluang agar lawan bertahan
      e. memberikan perlawanan terhadap lawan
      Jawaban: b




      image by: pixabay.com

      3. Kick off dalam sepak bola disebut juga tendangan....
      a. permulaan
      b. bebas
      c. sudut
      d. gawang
      e. penalti
      Jawaban: a

      4. Detik-detik terakhir menjelang permainan sepak bola berakhir adalah masa....
      a. injury time
      b. golden goal
      c. sudden death
      d. victory goal
      e. full time
      Jawaban: a

      5. Overhead throw pada softball disebut....
      a. ayunan
      b. tangkapan
      c. lemparan ke atas
      d. lambungan
      e. pukulan
      Jawaban: c

      6. Catcher pada softball bertugas untuk....
      a. memukul bola
      b. menendang bola
      c. melempar bola
      d. menjaga bola
      e. menangkap bola
      Jawaban: e

      7. Gaya punting  pada lompat tinggi disebut....
      a. western roll
      b. straddle
      c. fosbury flop
      d. scissors
      e. fosbury kip
      Jawaban: d

      8. Aliran pencak silat Bakti Negara berasal dari daerah....
      a. Bali
      b. Jawa Baat
      c. Jawa Tengah
      d. Jawa Timur
      e. Sumatra
      Jawaban: a

      9. Pencak silat merupakan olahraga bela diri perpaduan dari unsur....
      a. kekuatan dan ketangkasan
      b. seni dan bela diri
      c. seni dan keindahan
      d. kekuatan dan keindahan
      e. seni dan kelembutan
      Jawaban: b

      10. Berikut ini hal-hal yang membuat batter menjadi base runner dalam permainan softball, kecuali....
      a. memperoleh ball 4 kali
      b. pukulan ke-3 tidak tertangkap catcher
      c. berhasil memukul bola dan sah
      d. diganggu oleh catcher pada waktu memukul
      e. pukulan ke-2 langsung ditangkap catcher
      Jawaban: d


      11. Nilai  dalam permainan softball akandiperoleh jika....
      a. dapat memukul dengan benar
      b. dapat mematikan lawan
      c. melakukan lemparan dengan benar
      d. kembali ke home plate dengan pukulannya sendiri
      e. kemblai ke home plate dengan pukulan sendiri dan temannya
      Jawaban: b
      12. Panjang mistar dalam lompat tinggi adalah....
      a. 3,64 – 4,00 m
      b. 4,00 – 5,400 m
      c. 4,44 – 5,00 m
      d. 5,00 – 5, 44 m
      e. 5,54 – 6,00 m
      Jawaban: a

      13. Sikap permulaan dalam melakukan gerakan hand stand adalah....
      a. kaki kangkang
      b. jongkok
      c. telentang
      d. membungkuk
      e. berdiri tegak
      Jawaban: b

      14. Untuk menjadi pelompat tinggi yang berprestasi dibutuhkan kekuatan otot...
      a. perut dan tangan
      b. perut dan leher
      c. perut dan kaki
      d. tangan dan kaki
      e. leher dan kaki
      Jawaban: c





      image by: pixabay.com


      15. Sikap pasang dalam pencak silat bertujuan untuk....
      a. tangkisan
      b. tendangan
      c. tumpuan gerakan
      d. penghormatan
      e. pembelaan
      Jawaban: c

      16. Gerakan yang diawali dengan posisi kayang dilanjutkan hand stand sebentar kemudian langsung berdiri tegak disebut....
      a. salto
      b. flic-flac
      c. walkover
      d. tiger spring
      e. vaulting
      Jawaban: b

      17. Kelas paling kecil atau rendah untuk atlet pencak silat kelas dewasa adalah....
      a. 35-40 kg
      b. 40-45 kg
      c. 45-50 kg
      d. 50-55 kg
      e. 55-60 kg
      Jawaban: c

      18. Prinsip dari latihan kecepatan adalah beban harus selalu....
      a. berkurang
      b. bertambah
      c. tetap
      d. sangat berat
      e. terlalu berat
      Jawaban: b

      19. Berdiri seperti kapal terbang merupakan bentuk latihan....
      a. flexibility
      b. speed
      c. agility
      d. balance
      e. power
      Jawaban: d

      20. Senam (gymnos) berasal dari bahasa....
      a. Athena
      b. Romawi
      c. Yunani
      d. Swedia
      e. Sparta
      Jawaban: c

      21. Loncat kangkang dilakukan oleh pesenam dengan diawali gerakan....
      a. melayang
      b. mendarat
      c. berlari
      d. menolak
      e. berputar
      Jawaban: d

      22. Lebar jalur lintasan kolam renang adalah...
      a. 6,5 meter
      b. 5,5 meter
      c. 4,5 meter
      d. 3,5 meter
      e. 2,5 meter
      Jawaban: e

      23. Fungsi utama kaki dalam renang gaya bebas adalah sebagai....
      a. stabilisator
      b. tarikan
      c. sumbu putar
      d. penarik
      e. penggerak
      Jawaban: e

      24. Pendakian pada tebing-tebing yang sulit dan jarang tempat untuk berpijak disebut....
      a. free climbing
      b. artificial climbing
      c. snow climbing
      d. ice climbing
      e. rock climbing
      Jawaban: b

      25. Waktu bebas/tidak terikat digunakan untuk beristirahat atau rekreasi disebut juga....
      a. hari libur
      b. waktu luang
      c. hari bebas
      d. waktu libur
      e. waktu kerja
      Jawaban: b

      26. Seorang pemain sepak bola akan diberi kartu merah apabila.....
      Jawaban:  melakukan pelanggaran dan sudah diberi kartu kuning dua kali.

      27. Bola lambungan dari pitcher dinytakan strike dalam softball apabila....
      Jawaban: bola datangnya baik dapat dipukul

      28. Teknik pendaratan yang benar dalam lompat tinggi gaya straddle adalah...
      Jawaban: kaki dan tangan ayun kemudian berguling menyusur punggung tangan dan berakhir pada bahu.

      29. Istilah lain dari latihan aerobik adalah....
      Jawaban: general endurance

      30. Senam yang bertujuan sebagai penyembuhan dinamakan....
      Jawaban: yoga

      31. Teknik meluncur yang baik dalam berenang adalah....
      Jawaban: badan sejajar dengan permukaan air

      32. Waktu luang murni, contohnya....
      Jawaban: rekreasi dan bermain






      33. Induk organisasi renang Indonesia adalah....
      Jawaban: PRSI

      34. Upaya untuk mempertahankan hidup dari berbagai ancaman yang membahayakan hidupnya disebut....
      Jawaban: survival

      35. Waktu tidur malam hari yang paling baik adalah minimal....
      Jawaban: 6 jam

      36. Sebutkan sistem pertahanan dalam sepak bola!
      Jawaban: sistem pertahanan dalam sepak bola, antara lain sistem 5-3-2, sistem 4-3-3, dan sistem 4-4-2.

      37. Sebutkan syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan tes dan pengukuran kebugaran jasmani!
      Jawaban: kesahihan (validitas), keterandalan (reliabilitas), objektivitas, norma, dan tuntunan pelaksanaan baku.

      38. Jelaskan cara melakukan renang gaya dada!
      Jawaban:
      a. Bahu harus sejajar dengan air dan kedua tangan menjulur ke depan bersamaan dengan majunya badan.
      b. Tangan kembali ke belakang di bawah permukaan air sambil mendorong agar melaju cepat
      c. Kedua kaki ditekukkan dan ditarik ke arah depan, hingga kedua kaki merapat dan lurus kembali
      d. Kepala harus selalu berada di atas air, kecuali sewaktu start dan berputar balik
      e. Waktu berbalik dan finis harus menyentuh dinding dengan kedua tangan secara serempak da sama tinggi dengan kedua bahu dalam sikap mendarat.

      39. Jelaskan persiapan penjelajahan di perbukitan!
      Jawaban: persiapan penjelajahan di perbukitan adalah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam perjalanan baik fisik, mental perlengkapan maupun perizinan yang diperlukan dalam penjelajahan.  Selain informasi dari pengetahuan yang kita miliki, kita juga harus untuk selalu merencanakan segala sesuatunya agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa adanya hambatan yang tidak kita inginkan.

      40. Sebutkan pembagian waktu yang dimiliki oleh manusia sesuai dengan penggunaannya!
      Jawaban: waktu yang dimiliki oleh manusia dapat dibagi menjadi tiga macam sesuai dengan penggunaannya, yaitu:
      a. waktu bekerja
      b. waktu untuk pemeliharaan diri
      c. waktu luang


      Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

      #
      Soal UAS Penjaskes Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
      Diupload oleh www.rumpunnews.com

      Baca juga yang sejenis

        Pencarian yang paling banyak dicari
        • soal penjas kelas 11 essay
        • soal essay penjas kelas 11 semester 2
        • soal penjaskes kelas xi semester 2 beserta jawaban
        • soal penjas kelas xi kurikulum 2013
        • contoh soal penjaskes kelas 11
        • soal penjas kelas xi semester 1 kurikulum 2013
        • soal penjas kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
        • kunci jawaban lks penjaskes kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
        •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022